Jumat, 23 Maret 2012

Tips Untuk Suku Romawi - Travian

Romawi menikmati 2 defense terbesar: tembok dan anti infantri oleh praetorian.
Romawi juga memiliki infantri2 dengan serangan tertinggi untuk kelasnya(attack imperian lumayan besar), meskipun kavalerinya sangat buruk(mahal, gandum banyak tetapi bisa diriset lebih awal). Keseimbangan plus minus menandakan romawi suku yang seimbang dan dapat digunakan NEWBIE yang sabar dan PRO dengan baik.

+Serangan infantri
+Anti infantri
+Tembok dgn bonus terbesar
+Senator dengan attack terbaik
+Catapult terkuat(attack, bukan damage ke bangunan. Jadinya lebih sulit dibunuh defender)
-Defense ram kurang
-Serangan kavaleri
-Anti kavaleri
-Mahal(termasuk konsumsi gandum/jam. senator dan kavaleri mereka makan lebih banyak)
-Lama dilatih
cara memisahkan desa buat rome..

Romantic
Lahan Kayu: Raid
Lahan Liat: Scouting
Lahan Besi: Defend
Lahan Gandum: Attack

-Mengapa Lahan Gandum dijadikan Attacker? bisa naruh pasukan serang lebih banyak.
Lahan biasa harus ditaruh didekat lahan gandum, agar dpt disupply SDA
Mengapa Lahan kayu cocok utk peraid rome?karena peraid terbaik adalah E Imperatoris yg menggunakan kayu yg bnyk
Mengapa Lahan Liat cocok utk mata2 rome?karena mata2 rome adalah E Legati yg menggunakan Liat terbanyak. Disarankan lahan ini didekatkan dengan lahan gandum, karna penggunaan besi yg sgt rendah, menyebabkan besi di lahan gandum menjadi lebih bnyk
Mengapa Lahan Besi cocok utk Def dan tidak cocok utk att?karna pasukan def Rome menggunakan besi yg byk
Mengapa Lahan Besi tidak cocok utk att? padahal pasukan att rome jg menggunakan besi banyak?maka dari itu desa ini ditaruh didekat lahan gandum, karna nilai serang akan lebih kecil jika dibagi menjadi 2 wave (meski jumlah troop sama), meski beda 0 detik sekalipun.Mungkin ini sulit dijelaskan, tapi bagi travianers yg sudah PRO atau yg berlogika tinggi pasti bisa mengerti
Desa Liat, Besi dan biasa ditaruh didekat Lahan Gandum Rome. desa kayu taro jauh2 jg gpp
rome punya kecepatan untuk membangun desa...
tapi saya pikir romawie gak balance dalam hal pertahanan...
galia punya phalank buat anti kavalery dan druidraider buat anti infantri...
teuton juga punya phalank buat antikavalery dan paladin buat anti infantri...
tapi romawie gak punya kuda buat defender....
legioner dan pretorian sama2 infantri, dan latihannya lama, selain itu mereka rebutan menggunakan barrack, jadi sangat tidak efektif membentuk defender...

oleh karena itu saya punya ide lain... di desa saya desa utama membangun imperian, eq cesaris dan catapult dan ram, sebagai Hummer utama....
di desa lain saya membuat eq. imperatoris dan pretorian serta legioner, jadi desa ini untuk cleaner, raider, sekaligus defender.....

desa lainnya gak bikin apa2pun, hanya penyedia SDA...
Defence romans
Tips untuk Roma:

Cranny 1 aja cukup, ini mulainya bareng2 jadi ga usah takut ama pemain lain. :lol:

Begitu resource sehari-hari udah harus selalu melebihi 600, langsung bikin legs, mula-mula 5 aja. Ini bisa dipake untuk raid desa-desa yg non-aktif atau ga bisa main. Liat populasinya, kalau Romawi/Teuton populasi di bawah 50 langsung sikat. Kalau Galia di bawah 30.

Jangan takut kehilangan resource kalau di-raid. Tetep usahain utk ngabisin resource, tapi kalau ga bisa ga usah bikin cranny ke-2.
Ini poin-poin dari defensive Roman strategy guide:

1. Kembangin resource dengan seimbang, ga usah kembangin yang lain

2. Pas udah mau keluar dari masa perlindungan, bikin cranny. Sampe level 3-4 aja dulu

3. Pas semua field udah level 3, mulai bikin main building level 3, rally point, barak, gudang/lumbung kalau diperkirakan bakal penuh selama ditinggal, dan latih 4-6 legs.

4. Untuk ngeliat waktu yg tersisa sebelom gudang/lumbung penuh bisa buka halaman dorf3.php (kalau si questmaster udah ngasih account plus).

5. Silakan raid yang populasi kecil (2-30)
6. Kalau diserang pada masa ini, usahain utk tidak menghadang. Resource ilang dikit gpp. Naikin cranny gpp, tapi ga perlu bikin cranny ke-2.

7. Terus kembangin field sampai level 6 semua, dan juga latih lebih banyak legs sedikit demi sedikit. Pas field level 6 diharapkan kita udah punya 30 legs, atau lebih - kalau banyak tetangga yang menyeramkan. Silakan juga untuk mulai menaikkan Pagar dan/atau Kastil.

8. Setelah field level 6 semua, bikin: lv3 barak, akademi level 5, tukang senjata, pandai besi lv 3, istal, dan research praetorian. Latih 30 prae atau lebih kalo banyak tetangga yg menyeramkan. Di sini mulai hadang pasukan musuh. Naikin terus Pagar. Tambah Prae dan Legs sebisanya (jangan sampai terlalu menghambat peningkatan kapasitas produksi).
9. Sampe sini stop bahasnya Saya pas di titik ini kemaren di id 1 nggak lagi mengikuti guide yang menyuruh utk mulai melatih imperian, karena saya ga niat ngeresearch imperian di desa pertama. Waktu itu sih cukup sukses, saya cuma nge-raid desa-desa yang gak ada tentaranya. Kalaupun ada tentara palingan lemah, bisa diatasi dengan legs, 20 imperatoris, dan hero... Prae malah saya pake juga utk nge-raid desa yg benar-benar lemah.
===============ROMA=====================
1. hampir sama dengan galia kok intinya desa pertama adalah resource artinya cuma buat cari desa ke 2 (9C atau 15C) pertahanan pertama sieh buat minimal 100 legion dan 100 pretorian (gunanya mengimbangi defend lawan infantri dan berkuda)

2. buat legionaire buat ngerampok(minimal 100) ingat nieh serang touton atau roma(hati2 sebelum nyerang pakai legati biar pool) kalo touton lemah pertahanan gak masalah yang jadi masalah itu galia (jebakan dan banyak phalanx yang murah) kalo roma (pretoriannya yang menyakitkan defense lawan infantri)

3. kirim ke masing desa 20 legionaire (pop < 100) dan 40 legionaire (pop < 200).. 

4. jangan lupa crany sesuaikan dengan kegunaan misal sda masih lemah bikin 2 kalo sda sudah lvl 5 keatas buat 4 crany (tenang bisa dibongkar kok)...

5. naikkan sda km terus jangan tergiur banyaknya troops sampai minimal lvl 8-9 (semakin banyak kamu buat troops semakin lamban desamu berkemabang karena gandum berkurang)
6. buat kastil aja dolo jangan istana karena istana nanti dibuat kalo km nemukan desa yang bagus oasis dan desa 15C..

7. untuk desa ke 2 usahakan 9C dolo kenapa desa 15 C itu sangat berat sda dan dia butuh support terus menerus..tapi intinya kehebatan km support sda km aja..

8. setelah jadi desa ke 2 nah ini dia desa penyerangmu gunakan imperian untuk melakukan penyerangan buat sebanyak yang kau mau dengan catatan sda km juga harus support pasukkan ini...

9. didesa ke 2 khusus menyerang mulailah menggunakan pasukkan berkuda seperti imperiatoris untuk merampok karena lebih cepat dan praktis..
10. untuk ksatria gunakan caesaris yah jangan lupa untuk desa ke 2 ini gunakan pasukkan penyerang ini kuncinya pasukkan defend didesa 1 kamu kirim ke desa ke2 buat jaga2 pasukan dan desa 1 terus kirim sda buat support...

11. desa pertama gunakan buat pasukkan bertahan terus pretorian buat terus jangan terputus begitu jadi kirim kedesa ke 2 kamu jadi didesa ke2 adalah t4 pasukkan super...

12. untuk desa ke 3 tetap desa support usahakan banyakin besinya karena roma butuh besi banyak...

13. usahakan pokoknya desa ke 2 15C oke.. kalo gak nemu yah berusaha aja bertahan dengan sistem yang anda gunakan
sisanya main logika aja kok intinya sieh main sda dolo sampai lvl 9 baru angsur buat pasukkan minimal 5 perhari sekarang troops udah 1000an tinggal pilih desa mana yang mau di jadikan gado2..
Guideline pemakaian romawi pada masa pertengahan : pop 200 - 500

1. tipe attacker 
a. pop 200 - 300
- mulai biasakan memakai imperian dalam melakukan raid dan serangan penuh. pada populasi 200 targetkan memiliki minimal 200 imperian di desa untuk attack + 100 legionaire sebagai basis pertahanan.
- tidak perlu membuat praetorian dulu, karena legionaire walaupun nilai pertahanan jauh lebih kecil tapi memiliki fungsi sebagai pasukan bertahan juga.
- naikkan pagar untuk membantu menambah bonus pertahanan.
b. pop 300 - 400
- naikkan jumlah imperian hingga 1,5 x populasi, dan selalu gunakan imperian dalam raid dan attack.
- mulai produksi Equites imperatoris serta ubah hero dari imperian menjadi E.I
- jumlah E.I kalau bisa diusahakan mencapai 10% dari jumlah imperian.
- pada populasi ini sudah harus memiliki oasis, usahakan memiliki oasis gandum + besi. tidak perlu bernapsu memiliki oasis 50% gandum, karena pada saat ini besi amat sangat dibutuhkan.
- mulai beranikan diri menyerang desa yg berada di dalam sebuah aliansi besar (minimal top 100), karena desa-desa ini adalah lahan subur penghasil resos banyak.
- E.Legati di desa minimal sudah ada 50, selalu gunakan Legati diatas 10 unit dalam melakukan scout ke desa berpopulasi >250.
- pastikan jumlah pasukan dan kebiasaan OL target dengan melakukan scout minimal 3x sehari (pagi, siang dan malam). Selama 2 hari pantau aktivitas pasukan target sehingga bisa diketahui kapan dia OL dan kapan dia tidak OL.
- Jangan menyerang saat desa kosong, usahakan serangan full dilakukan pada saat semua pasukan musuh ada di desa, sehingga sekali serang pasukan target habis, dan kemudian target sudah menjadi lahan farm kita.
c. populasi 400 - 500
- tingkatkan terus jumlah imperian hingga mencapai angka 750 unit dan E.I hingga mencapai 100 unit. Pada saat ini bisa dibilang anda adalah seorang penyerang aktif dengan level power middle.
- hasil raid pasukan disamping digunakan untuk pushing troops juga digunakan untuk mendukung perkembangan desa kedua.
- Desa kedua orientasikan pada pengembangan imperian, ini berfungsi untuk melakukan support attack sehingga sedikit demi sedikit desa kedua juga akan memiliki power dalam menyerang.
- usahakan semua resos sudah berada di level 10 dan memiliki oasis gandum minimal 50%. (bagi yg 7x7nya sepi oasis itu namanya nasib)
- 35 x35 sudah berada di dalam genggaman anda karena E.I sudah aktif melakukan raid di semua penjuru daerah kekuasaan anda.
- apabila dirasa sudah perlu untuk menggunakan E.Caesaris maka mulai riset. (E.C hanya opsi, kalau sudah mantab untuk menggunakan imperian sebagai attacker utama juga g masalah)

masih banyak detail didalamnya, tapi secara garis besar hal-hal diatas yg umumnya dilakukan untuk menjadikan romawi sebagai attacker elite
guideline pemakaian romawi pada masa pertengahan : pop 200 - 500

2. tipe defender
a. populasi 200 - 300
- cukup produksi leggionaire dan gunakan untuk melakukan raid. Hindari kontak dengan desa yg memiliki power serangan lebih besar. Apabila ternyata diserang terlebih dahulu, maka dodging adalah jalan terbaik karena pada level populasi ini regen troops masih sangat lambat sehingga ada baiknya kehancuran pasukan dihindari.
- targetkan minimal 200 unit legionaire di desa, dan mulai riset praetorian serta naikkan level pagar hingga level 10.
- belum perlu membuat praetorian, namun ada baiknya mulai dilakukan peningkatan level perisai dari praetorian.
b. populasi 300 - 400
- mulai buat praetorian dengan perbandingan leggionaire : pretorian = 2 : 1.
- usahakan level produksi SDA sudah mencapai level 10 semua, dan jangan dulu memikirkan untuk membuat desa kedua karena biaya supproting desa kedua sangat menguras SDA padahal pertahanan di dalam desa sendiri masih belum kuat.
- terus dan terus kuasai 21 x 21 dengan menggunakan legionaire sebagai pasukan penyerang dan meminta bantuan teman aliansi apabila ada ancaman dari desa sekitar.
- riset E.I bisa dilakukan, tapi belum perlu membuat karena tumpuan utama raid masih di legionaire.
c. populasi 400 - 500
- stop produksi leggionaire, usahakan minimal ada 300 leggionaire yg siap berangkat untuk raid.
- jumlah praetorian minimal harus sama dengan jumlah leggionaire
- level pagar minimal lv.15
- produksi E.I untuk membantu melakukan raid serta meminimalisir ancaman dari desa sekitar.
- buat desa kedua dengan orientasi produksi pasukan penyerang. Desa kedua digunakan sebagai sumber resos untuk membantu pembuatan pasukan bertahan di desa pertama.
- masing-masing desa sudah memiliki 50 pengintai yg siap sedia digunakan untuk menangkal adanya intaian dari desa musuh.
referensinya agak kurang soalnya gw blum pernah jadiin romawi sebagai basis pertahanan 
sekian dulu deh, kalo ada yg kurang paham silahkan PM..

8 komentar:

  1. Yang ini sih khusus Travian Mania. Yang tidak mengerti harap maklum

    BalasHapus
  2. Cendol Meluncur bro... wkwkwk, pas banget guide Defendernya...

    Share lagi yaa,klo ada strategi Defen Romans playernya...

    BalasHapus
  3. mantabs gan...... nice share..... gw msh newbie di dunia travian..... tp logikanya masuk..... nice2...... thanks a lot.....

    BalasHapus
  4. bagaimana cara melatih imigran

    BalasHapus
  5. setuju gw sama lu gw dah 3 taun pake romawi dan hasilnya aliansi gw menang WW teruss

    BalasHapus