Sabtu, 24 Maret 2012

FPS vs TPS

FPS vs TPS
Sama-sama Seru
 
   Buat penggemar game tembak-tembakan, Call of Duty dengan Gear of War sering dianggap sama. Padahal berdasarkan genre keduanya berbeda. Call of Duty masuk jenis First Person Shooter (FPS), sedangkan Gear of Wars berjenis Third Person Shooter (TPS). Apa sih yang membedakan keduanya?
   Di game FPS pusat permainannyaadalah kita. Kita jagoan dan tokoh utamanya. Sudut pandang di layar game memakai mata kita. Kita engga bisa melihat diri kita sendiri, tapi bisa melihat sekeliling dengan mata kita. Yah, pokoknya kayak kehidupan sehari-hari , deh.
   Di TPS, karena kita bisa melihat dan menggerakan karakter secara utuh, kita bisa melakukan aksi-aksi seru. Misalnya berguling, melompat ke belakang, atau bergerak menyamping. Dengan melihat karakternya di layar, kita bisa tau posisi dan menghindari ancaman atu jebakan yang ada. Buat beberapa orang, main game TPS ini lebih santai dan gak bikin puyeng kepala ketika melihat layar yang berganti-ganti. Tapi jeleknya, ketika mau terjadi tembak-tembakan, bidikan di TPS ini kurang tepat. Beda kalu di FPS yang bisa pas ke sasaran.
   Saat ini perbedan antara FPS dan TPS semakin tipis. Di beberapa game kita bisa berpindah dari FPS ke TPS. Perpindahan ini terjadi misalnya ketika kita harus menjadi pilot pesawat. Yang jelas, TPS atau FPS sama-sama seru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar